Soal Kisi-Kisi ASAS Mapel Informatika Kelas 9 Tahun Ajaran 2025/2026

Kumpulan Soal TIK

Kumpulan Soal Ujian TIK


I. Soal Pilihan Ganda (30 Soal)

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat!

  1. Struktur data yang menyimpan data berurutan dan diakses secara langsung menggunakan indeks numerik adalah...
    A. Stack B. Queue C. **Array** D. Linked List (Kunci: C)
  2. Di antara struktur data berikut, manakah yang termasuk **struktur data non-linear**?
    A. Array B. Queue C. Stack D. **Pohon (Tree)** (Kunci: D)
  3. Dalam operasi logika **OR**, hasil akhir akan bernilai Benar (True) jika...
    A. Semua operand bernilai Salah B. Hanya salah satu operand bernilai Benar C. Kedua operand bernilai Salah D. **Salah satu atau kedua operand bernilai Benar** (Kunci: D)
  4. Jika diketahui $P$ = True dan $Q$ = False, berapakah hasil dari operasi logika $\neg (P \land Q)$?
    A. True $\land$ False B. False $\lor$ True C. False D. **True** (Kunci: D)
  5. Pengertian yang paling tepat mengenai **algoritma** adalah...
    A. Kumpulan data yang diolah komputer B. Bahasa pemrograman tingkat tinggi C. **Urutan langkah-langkah logis untuk menyelesaikan masalah** D. Proses pengubahan kode menjadi mesin (Kunci: C)
  6. Fungsi utama **flowchart** dalam perancangan algoritma adalah untuk...
    A. Menjalankan program secara langsung B. **Menggambarkan alur logika penyelesaian masalah secara visual** C. Mendeklarasikan variabel program D. Menganalisis kompleksitas waktu (Kunci: B)
  7. Simbol berbentuk **belah ketupat (diamond)** pada flowchart memiliki arti sebagai...
    A. Awal atau akhir program B. Proses penghitungan C. Input/Output data D. **Keputusan atau Kondisi (Decision)** (Kunci: D)
  8. Struktur data **Stack** bekerja dengan prinsip...
    A. FIFO (First-In, First-Out) B. **LIFO (Last-In, First-Out)** C. Random Access D. Indexed Access (Kunci: B)
  9. Ekspresi logika $\neg (P \lor Q)$ ekuivalen dengan ekspresi... (Hukum De Morgan)
    A. $P \land Q$ B. $\neg P \lor \neg Q$ C. $P \lor \neg Q$ D. **$\neg P \land \neg Q$** (Kunci: D)
  10. Sebuah antrean memiliki 10 pelanggan. 4 pelanggan telah selesai dilayani. Kemudian, 3 pelanggan baru datang. Berapa jumlah total pelanggan yang masih berada dalam sistem antrean? (Asumsi 1 orang sedang dilayani dari sisa antrean)
    A. 6 B. 7 C. 8 D. **9** (Kunci: D)
  11. Fungsi utama dari sebuah **blog** adalah sebagai...
    A. Tempat berbagi video pendek B. Jaringan sosial profesional C. **Media daring untuk berbagi tulisan, opini, atau catatan pribadi** D. Platform penjualan produk (Kunci: C)
  12. Syarat paling mendasar agar sebuah situs dapat disebut sebagai **blog** adalah...
    A. Memiliki fitur *live chat* B. Memiliki nama domain berbayar C. Diurus oleh tim profesional D. **Memiliki konten tertulis dan dipublikasikan secara daring** (Kunci: D)
  13. **Integrasi konten antar aplikasi** adalah proses...
    A. Mengubah format file B. Menggandakan data C. **Menggabungkan atau menautkan data/objek dari satu aplikasi ke aplikasi lain** D. Membuat *backup* data (Kunci: C)
  14. Istilah yang paling tepat untuk proses **menyisipkan grafik yang dibuat di Microsoft Excel ke dalam dokumen Microsoft Word** sehingga grafik dapat diperbarui saat data sumber berubah adalah...
    A. *Copy-Paste* B. Konversi C. **Object Linking and Embedding (OLE)** D. *Data Input* (Kunci: C)
  15. Platform yang dirancang secara spesifik untuk **menulis dan memublikasikan artikel atau konten tulisan secara daring** adalah...
    A. Microsoft PowerPoint B. **Blog** C. Spreadsheet D. Database (Kunci: B)
  16. Isi utama dari sebuah **vlog** (video blog) biasanya berupa...
    A. Kode program dan algoritma B. Dokumen resmi dan surat C. **Rekaman video tentang kehidupan sehari-hari, pengalaman, atau ulasan** D. Teks berita formal (Kunci: C)
  17. Fungsi utama dari aplikasi **Microsoft PowerPoint** adalah untuk...
    A. Mengolah data numerik B. Membuat dan mengelola surat elektronik C. **Membuat presentasi multimedia yang efektif dan informatif** D. Menulis kode program (Kunci: C)
  18. Salah satu manfaat utama dari **integrasi konten antar aplikasi** adalah...
    A. Memperkecil ukuran file B. Mempercepat kecepatan internet C. **Meningkatkan efisiensi kerja dan memastikan konsistensi data** D. Membatasi akses pengguna (Kunci: C)
  19. Istilah yang sering digunakan untuk merujuk pada **blog** yang dijalankan oleh perusahaan atau individu dengan tujuan bisnis dan profesional adalah...
    A. Blog *Casual* B. Blog Personal C. **Blog Korporat/Profesional** D. Blog Video (Kunci: C)
  20. Manfaat paling signifikan dari **integrasi konten lintas aplikasi** dalam proyek pembuatan laporan (misalnya data Excel ditautkan ke Word) adalah...
    A. Memperindah tampilan laporan B. Mengurangi biaya lisensi perangkat lunak C. **Data di laporan akan otomatis diperbarui ketika data sumber diubah** D. Membuat laporan menjadi lebih panjang (Kunci: C)
  21. **Scratch** dan **Blockly** termasuk dalam jenis platform pemrograman...
    A. Berbasis Teks B. **Visual atau Berbasis Blok** C. Berbasis Baris Perintah D. Berbasis *Hardware* (Kunci: B)
  22. Kelebihan utama **Scratch** dibandingkan dengan bahasa pemrograman berbasis teks untuk pemula adalah...
    A. Mampu membuat aplikasi tingkat lanjut B. **Tidak perlu menghafal sintaks dan menggunakan blok-blok intuitif** C. Kecepatan eksekusi program sangat tinggi D. Hanya digunakan untuk *game* (Kunci: B)
  23. Platform pemrograman berbasis blok yang menjadi kerangka dasar untuk banyak aplikasi pemrograman visual, yaitu **Blockly**, dikembangkan oleh...
    A. Apple B. Adobe C. **Google** D. Microsoft (Kunci: C)
  24. **Literasi numerik** adalah kemampuan untuk...
    A. Menghafal rumus matematika B. Menulis program komputer C. **Menggunakan dan menafsirkan angka serta informasi kuantitatif** D. Mengakses media sosial (Kunci: C)
  25. Hasil konversi bilangan biner $1011_2$ ke desimal adalah...
    A. 9 B. 10 C. **11** D. 12 (Kunci: C)
  26. Hasil konversi bilangan desimal $27_{10}$ ke biner adalah...
    A. $10011_2$ B. $11100_2$ C. **$11011_2$** D. $10111_2$ (Kunci: C)
  27. **Pemrograman Unplugged** (Unplugged Programming) adalah...
    A. Pemrograman di lingkungan tanpa internet B. **Metode pembelajaran konsep dasar ilmu komputer tanpa menggunakan komputer** C. Pemrograman dengan perangkat keras saja D. Pengkodean di ponsel (Kunci: B)
  28. Contoh aktivitas yang paling tepat yang termasuk dalam **pemrograman unplugged** adalah...
    A. Mengetik kode di laptop B. Menggambar desain antarmuka C. **Bermain game dengan kartu untuk mengajarkan konsep perulangan** D. Menyusun kabel jaringan (Kunci: C)
  29. Konsep utama pemrograman di **Scratch** meliputi penggabungan **blok-blok** perintah, menjadi satu **skrip** untuk mengontrol **objek** yang disebut...
    A. *Output* B. *Flowchart* C. **Sprite** D. *Function* (Kunci: C)
  30. Jika Anda ingin membuat *game* edukasi sederhana yang menarik bagi anak-anak SD dengan fokus pada alur logika tanpa pengkodean teks, platform terbaik yang direkomendasikan adalah...
    A. Python B. Java C. **Scratch** D. C++ (Kunci: C)

II. Soal Menjodohkan (10 Pasang)

Pasangkan istilah di kolom kiri dengan deskripsi yang tepat di kolom kanan!

No. Kolom Kiri (Istilah) Pasangan Kanan yang Tepat
1.StackStruktur data dengan prinsip LIFO (Last-In, First-Out).
2.Operasi ORMenghasilkan nilai benar jika salah satu atau kedua *operand* benar.
3.ScratchPlatform pemrograman visual yang menggunakan blok-blok untuk menyusun perintah program.
4.QueueStruktur data yang bekerja seperti antrean, dengan prinsip FIFO (First-In, First-Out).
5.FlowchartDiagram yang menggunakan simbol-simbol untuk menggambarkan langkah dan alur logika penyelesaian masalah.
6.BlogSitus pribadi untuk menulis dan memublikasikan artikel, catatan, atau pendapat secara daring.
7.VlogMedia berbasis video di mana kreator berbagi keseharian, pengalaman, atau informasi.
8.Literasi NumerikKemampuan untuk menggunakan, menafsirkan, dan menganalisis angka serta informasi kuantitatif.
9.Konversi Sistem BilanganProses mengubah representasi bilangan dari satu basis ke basis lain (misal: biner ke desimal).
10.Unplugged ProgrammingMetode pembelajaran konsep dasar pemrograman tanpa menggunakan perangkat komputer.

III. Soal Uraian (5 Soal)

  1. Jelaskan perbedaan mendasar antara struktur data **Stack** dan **Queue**, serta berikan masing-masing satu contoh penggunaan/implementasinya yang paling relevan dalam kehidupan sehari-hari!
  2. Kunci: Stack (LIFO: Tumpukan piring), Queue (FIFO: Antrean loket).

  3. Mengapa **integrasi konten antar aplikasi perkantoran** (misalnya Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint) menjadi sangat penting dalam pekerjaan sehari-hari? Jelaskan minimal dua alasannya!
  4. Kunci: 1. Efisiensi waktu dan 2. Konsistensi/Akurasi data (pembaruan otomatis).

  5. Analisis dan jelaskan minimal dua **kelebihan** utama dari platform pemrograman visual (seperti Scratch/Blockly) dalam konteks pembelajaran pemrograman bagi pemula, serta satu **kekurangan** mendasar yang dimilikinya!
  6. Kunci: Kelebihan (Fokus pada Logika, Mengabaikan Sintaks). Kekurangan (Keterbatasan Skalabilitas).

  7. Jelaskan apa yang dimaksud dengan **Literasi Numerik** dan berikan satu contoh penerapannya dalam kehidupan sehari-hari!
  8. Kunci: Kemampuan menafsirkan angka/data kuantitatif. Contoh: Menghitung diskon belanja.

  9. Jelaskan **langkah-langkah** yang harus dilakukan untuk mengonversi bilangan biner ke desimal! Selain itu, jelaskan mengapa konversi ini menjadi konsep yang penting dalam **logika komputer**!
  10. Kunci: Langkah: Kalikan digit dengan $2^{posisi}$ lalu jumlahkan. Penting: Komputer bekerja dalam biner (0 dan 1), konversi menjembatani bahasa mesin dan bahasa manusia.

Post a Comment for "Soal Kisi-Kisi ASAS Mapel Informatika Kelas 9 Tahun Ajaran 2025/2026"